Cara cerdas memilih skin care yang aman untuk kulit

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Cara cerdas memilih skin care yang aman untuk kulit

Memiliki kulit yang sehat merupakan impian bagi setiap orang, terutama perempuan. Banyaknya perempuan yang berkeinginan untuk memperbaiki kulit seperti mengurangi  jerawat, mengencangkan kulit, mengurangi tanda penuaan, atau menghapus keriput, membuat brand yang memproduksi  skincare berlomba untuk merebut perhatian para kaum hawa.
 
Tapi, Rimania, jangan salah dalam memilih produk skin care yang aman untuk kulit kita. Tidak sedikit dari produk-produk tersebut yang mengandung bahan kimia berbahaya lho. 
 
Baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada 126 produk kosmetik yang berbahaya bagi kecantikan kita. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga mengungkapkan data bahwa ada 592.218 produk kosmetik tanpa izin yang beredar di masyarakat dan semuanya mengandung berbagai macam zat kimia berbahaya yang dapat memicu kanker.
 
Nah, seperti apa sih cara tepat dan aman dalam memilih produk skin care? Berikut telah Rimanews rangkum dari beberapa sumber.
 
1. Perhatikan jenis kulitmu
 
Secara garis besar, ada tiga jenis kulit yang perlu kita perhatikan sebelum memilih produk skincare mana yang akan kita gunakan dan tepat untuk kulit, yakni kulit normal yang tidak terlalu sensitif karena kulit jenis ini tidak kering atau tidak juga berminyak sehingga perawatannya juga terbilang mudah, maka untuk jenis kulit normacarilah produk skincare yang khusus untuk kulit normal. 
 
Jenis kulit yang kedua adalah jenis kulit kering yang kekurangan kelembapan alami. Munculnya bercak merah dengan permukaan kulit yang kasar adalah ciri-ciri dari jenis kulit kering. Maka dari itu, gunakan  produk yang dapat menghidrasi kulit dan hindari produk memiliki kandungan alkohol karena alkohol  dapat menyebabkan  kadar air dalam kulit memuai dan membuat kulit semakin kering. Gunakan pelembap yang bertekstur krim atau balm.
 
Berikutnya adalah jenis kulit berminyak yang dicirikan dengan berlebihnya minyak pada kulit, khususnya wajah. Selain karena faktor genetik, pubertas juga adalah penyebab kulit berminyak. Sehingga, sebum yang berada di permukaan kulit memproduksi minyak berlebih. Hindari produk perawatan dan kecantikan yang menimbulkan iritasi, serta bebas dari minyak dengan memilih pelembap  yang bertekstur gel atau lotion.
 
2. Pilih produk yang sudah terdaftar di BPOM
 
Skin care yang aman dan berkualitas biasanya sudah terdaftar di BPOM dan memiliki nomor seri yang bisa kamu cek di website resmi BPOM. Nomor seri tersebut biasanya terdapat dalam bagian belakang kemasan produk, dekat dengan letak barcode.
 
Agar lebih aman, sebaiknya kamu membeli skin care yang dijual di supermarket, toko kosmetik, sampai mal besar dengan harga yang bervariasi. Hindari membeli skin care tanpa merk dan tanpa nomor seri, karena biasanya produk tersebut tidak jelas produsen dan kualitasnya.
 
3. Perhatikan komposisi bahan skin care
 
Skin care yang aman dan berkualitas biasanya selalu mencantumkan komposisi bahan pembuatannya di bagian box atau belakang kemasan produk. Sehingga kamu bisa lebih selektif ketika membeli skin care.
 
Jika kulitmu sensitif, sebaiknya, hindari produk yang mengandung mineral oil, alkohol, pewarna, paraben, dan parfum yang bisa mengiritasi kulit.
 
4. Hindari produk wangi
 
Banyak dari produk yang beredar di pasaran menawarkan pewangi sebagai daya tarik terhadap kosumen. Perlu Anda tahu bahwa, wewangian tersebut sering mengandung alkohol sehingga tidak baik bagi kesehatan kulit Anda. Sebagian dari produk-produk tersebut juga mengandung senyawa sintetis yang berasal dari bahan kimia berbahaya yang dapat memicu kanker, gangguan sistem saraf pusat, dan alergi.
 
5. Peka terhadap jenis alergi kulitmu
 
Sekarang ini banyak skin care yang mengandung ekstra bahan alami seperti esktra lidah buaya, teh hijau, colagen, atau bahan-bahan aktif lainnya. Bahan-bahan tersebut memang bagus, tapi belum tentu cocok di kulitmu.
 
Akan lebih bagus lagi jika kamu mengetahui alergen atau bahan-bahan penyebab alergi di wajahmu. Misalnya kamu alergi terhadap lidah buaya, maka hindari produk yang mengandung bahan tersebut.
 
Namun, jika kamu tidak tahu alergen di wajahmu, mau tidak mau kamu harus mencoba dulu produk tersebut. Jika produk tersebut tidak menimbulkan rasa gatal, merah-merah atau jerawat, kamu bisa melanjutkan penggunaannya.
 
Tapi jika terjadi reaksi alergi, segera hentikan pemakaian produk agar alergimu tidak semakin parah.
 
6. Pilih produk sesuai masalah kulitmu
 
Sebelum membeli skin care, kamu wajib mengenali jenis kulitmu terlebih dahulu. Apakah kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. Jenis kulit tersebut bisa menentukan produk apa yang harus kamu beli.
 
Pastikan kamu memilih produk yang memang diformulasikan sesuai dengan jenis kulitmu agar produk yang kamu pilih bisa bekerja secara optimal.
 
7. Skin care berbahan dasar alami
 
Produk perawatan dan kecantikan yang terbaik adalah yang berbahan dasar alami. The Body Shop sejak 1976 telah terkenal dengan produknya yang berbahan dasar alami untuk memenuhi kebutuhan akan perawatan wajah, kulit, dan make-up. Produk-produk yang ditawarkan The Body Shop bukan hanya untuk perempuan, tapi juga laki-laki.
BPN usul pemantau Internasional awasi Pilpres 2019
3 Gunung Indonesia terbaik yang cocok untuk pendaki pemula
Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
Fetching news ...