3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan Bawaslu menerima ribuan pelanggaran kampanye selama tiga bulan kampanye. Ia mengatakan Bawalsu menerima hampir 192.129 laporan yang diduga pelanggaran Pemilu.

 

"Bawaslu telah menemukan dan menerima hampir 192.129 laporan dan temuan," kata Fritz dalam acara diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

 

Tak hanya itu, Fritz mengungkapkan pihaknya menerima 176.493 pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye di tempat yang dilarang oleh KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu. Ia juga mengatakan ada 14.255 laporan itu terkait konten alat peraga kampanye yang dilarang.

 

"Jadi misalnya ada 176.493 pemasangan alat peraga di tempat yang dilarang, ada 14.255 alat peraga kampanye yang mengandung materi dilarang, ada 1.381 pemasangan alat peraga kampanye di kendaran umum. Itu kira-kitmra banyaknya pelaporan," ujarnya.

 

Fritz mengatakan sampai saat ini masih ditemukan pelanggaran kampanye sebelum hari pemungutan suara. Seperti kampanye di media yang hanya diperbolehkan Bawaslu pada 21 hari sebelum hari pemungutan suara, namun kata Fritz masih ada yang melakukannya.

 

"Ternyata sampai di hari Jumat kemarin, Bawaslu menemukan 414 iklan kampanye yang sudah dilaksanakan. Padahal, seharusnya tidak boleh, seperti misalnya ada 429 iklan kampanye di media cetak, ada 153 iklan kampanye di media elektronik, 12 iklan kampanye di radio," jelasnya.

 

Selanjutnya, Fritz mengatakan Bawalsu juga menerima laporan pelanggaran kampanye di tempat ibadah dan di tempat pendidikan. Ia mengatakan semua laporan itu adalah kewajiban Bawaslu untuk menelusuri, mengkaji secara tuntas dan memberikan teguran.

 

"Kami juga menemukan adanya 49 laporan kampanye di tempat ibadah, 33 kampanye di tempat pendidikan, 126 kampanye di fasilitas pemerintah," pungkasnya.

Segmen debat capres yang bakal paling menarik
Jokowi-Ma'ruf tak akan tanya kasus personal Prabowo saat debat
DPR desak pemerintah jaga keamanan Laut Cina Selatan
Ini elektabilitas kedua capres menurut Charta Politika
TKN: Jokowi-Ma'ruf ikuti latihan debat
Jokowi pilih kostum khusus saat debat dengan Prabowo
Demokrat nilai pembentukan TGPF Novel sarat kepentingan politik Jokowi
Fahri Hamzah: Debat pilpres jangan seperti lomba cerdas cermat
Jelang debat, Zulkifli Hasan sarankan Prabowo-Sandi santai-santai
Rizal Ramli tak percaya lembaga survei
Ignasius Jonan mangkir, DPR kecewa
Anggota DPR banyak tak lapor harta kekayaan, ini kata sang Ketua
Polemik pembangunan tol, Fahri Hamzah: itu tol punya swasta
TKN pertimbangkan gelar pidato kebangsaan ala Jokowi
Arus modal masuk berpotensi buat IHSG naik hari ini
Fetching news ...