News Sport

Merasa dizalimi, Khabib ancam hengkang dari UFC

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Merasa dizalimi, Khabib ancam hengkang dari UFC "We never give up on our brothers in Russia and I will go to the end for my Brother." - Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov mengancam akan hengkang dari UFC sebagai balasan atas sikap badan tarung bebas itu yang dianggapnya tidak adil terhadap dirinya dan anggota tim.

UFC menyatakan akan menghukum rekan setim Khabib, Zubaira Tukhugov, karena dianggap menyerang Conor McGregor seusai pertarungan di Las Vegas pekan lalu. Sedianya, zubaira akan bertarung dengan Artem Lobov pada April 2019.

Kisruh pertandingan Kabib melawan McGregror dimulai ketika petarung asal Dagestan, Rusia, itu melompat keluar pembatas oktagon untuk menyerang tim McGregor, Dillon Danis, yang mengejek Khabib dengan menyebutnya sebagai “Fucking Muslim Rat (tikus muslim yang brengsek).”

Salah satu tim Khabib, Zubaira juga melompat pagar oktagon dan memukul McGregor dari belakang, setelah petarung asal Irlandia itu melayangkan pukulan kepada salah satu anggota tim Khabib. Aksi ini membuat Zubaira terancam sanksi berat dari UFC.

Khabib mengaku tidak akan menerima keputusan UFC yang akan menghukum Zubaira. Ia berjanji akan mundur dari pertarungan yang diselenggarakan UFC jika rekannya tersebut dihukum.

"Mengapa Anda tidak menghukum siapa pun ketika mereka (tim McGregor) menyerang bus dan melukai beberapa orang?" tulis Nurmagomedov di akun Instagramnya yang dipantau hari ini, Jumat (12/10/2018).

Pernyataan Khabib ini merujuk insiden penyerangan yang dilakukan McGregor pada April lalu terhadap rombongan petarung UFC, yang Khabib ikut serta di dalamnya.

"Mereka bisa saja membunuh seseorang di luar sana. Mengapa tidak ada yang mengatakan sesuatu soal menghina tanah air, agama, bangsa, dan keluarga?" sambungnya, mengacu kepada sejumlah pernyataan dan sikap Conor yang dianggap telah terlewat batas dalam beberapa kali konferensi pers jelang pertarungan.

Khabib mengaku akan menerima keputusan hukuman terhadap dirinya dengan lapang dada. Namun, ia tak terima jika Zubaira ikut diberikan sanksi. Beredar kabar laga Zubaira melawan Lobov akan dibatalkan UFC.

"Jika Anda memutuskan untuk memecatnya, maka Anda harus tahu akan kehilangan saya juga. Kami tidak akan meyerah pada saudara-saudara kami di Rusia dan saya akan perjuangkan itu."

"Jika Anda masih memutuskan untuk memecatnya, jangan lupa untuk kirimi saya kontrak pembatalan atau akan saya batalkan sendiri," ungkap Khabib.

UFC saat ini sudah memberikan bayaran kepada McGregor. Sementara itu, bayaran Khabib masih ditunda karena sanksi masih dibahas oleh komite UFC. Pada pertarungan ini, Khabib dibayar USD2 juta, sedangkan Conor 3 juta dolar.

Nevada Athletic Comission (NAC) dilaporkan telah mengirimkan surat kepada Conor dan Khabib pada Kamis (11/10) bahwa mereka diskors untuk bertanding selama sepuluh hari mulai tanggal 15 Oktober. Komite akan menyelenggarakan rapat kembali pada 24 Oktober untuk memberikan keputusan lanjutan.

"Satu hal lagi, Anda bisa menyimpan uang saya yang Anda tahan. Anda sibuk dengan itu, saya harap uang tersebut tidak tersedak di tenggorokan Anda. Kami telah membela kehormatan kami dan inilah yang paling penting. Kami berniat mempertahankannya sampai akhir," kata Khabib yang sepertinya ditujukan kepada Presiden UFC, Dana White.

Sebelumnya, Khabib Nurmagomedov dianggap telah membuat Conor McGregor seperti boneka mainan pada pertarungan gelar juara dunia kelas ringan UFC di Las Vegas, Amerika Serikat, 6 Oktober lalu.

Khabib berhasil mengalahkan McGregor di ronde keempat pada pertarungan di T-Mobile Arena. Sebuah kuncian di bagian rahang membuat petarung asal Rusia itu menang submission atas McGregor.

Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
GARBI: Jangan golput, pilih saja figur yang berpengalaman
Jokowi-Ma'ruf kampanye terbuka perdana di Banten
Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
Fetching news ...